Pembuatan Video Mapping Jogja



 
http://anitatri.web.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/22445/2019/10/action-camera-camera-crew-2397596-800x445.jpg 
Pembuatan Video Mapping 

Apa Itu Video Mapping? 
Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar, mungkin sudah tak asing lagi dengan pertunjukan spektakuler dari video mapping yang sering dilakukan di gedung-gedung pencakar langit atau taman kota. Namun sebelumnya, apakah Anda sudah tahu, Apa itu video mapping? Bagaimana cara kerjanya?

Jika sebelumnya, penggunaan proyektor untuk menampilkan gambar atau video hanya dengan   permukaan datar saja. Kini Anda bisa menggunakan proyektor dengan berbagai permukaan lainnya mulai dari bangunan gedung, taman, jalanan, hingga rumah. Bahkan gambar atau video yang ditampilkan dapat bergerak, dan seolah-olah bisa berinteraksi dengan penontonnya. Inilah yang disebut dengan video mapping (projection mapping). Lantas, Apa itu video mapping sebenarnya?

Video mapping atau projection mapping, merupakan teknologi yang menggunakan perpaduan antara proyeksi dan pencahayaan untuk menciptakan sebuah ilusi optik pada berbagai objek. Secara visual, objek-objek berbentuk biasa akan berubah menjadi bentuk baru yang lebih spektakuler mengikuti permukaan proyeksi yang menampilkan grafis video digital.

Atau bisa dikatakan sebagai sistem baru yang berfungsi untuk mengekspresikan sebuah karya seni pencitraan proyeksi pencahayaan dan teknologi. Sehingga para seniman atau designer, dapat mengubah semua karya seni apapun ke dalam bentuk 3 dimensi menggunakan proyeksi pencahayaan dengan berbagai perangkat video maping.

Cara Kerja Video Mapping 
Setelah paham Apa itu video maping, Anda juga harus mengerti bagaimana cara kerjanya. Pada dasarnya pembuatan video maping yang kece, diperlukan beberapa tahapan. Tahap pertama, Anda harus melakukan pemilihan visual (gambar atau video) yang ingin diproyeksikan ke berbagai target permukaan.

Untuk tampilan video maping sendiri bisa dilakukan secara 3 dimensi, dengan cara memproyeksikan visual ke seluruh permukaannya. Tahap kedua atau yang disebut proses masking, Anda bisa menutupi corak asli dan beberapa posisi dari elemen yang berbeda pada area atau bangunan yang ingin diproyeksikan menggunakan opacity template.

Tahap ketiga, yaitu menentukan koordinasi untuk mengetahui apakah letak objek sudah sesuai atau belum dengan proyektor. Seperti XYZ orientation, spesifikasi lensa, dan posisi yang digunakan oleh proyektor sebagai penentu adegan virtual yang telah dibuat. Tahap terakhir (keempat), Anda harus melakukan penyesuaian dengan melakukan pengubahan secara manual di beberapa elemen virtual atau fisik. Hal ini sangat penting, agar pertunjukan video maping visual Anda semakin keren dan kece abis.

video mapping 1
Ilustrasi Proyektor Biasa dan Video Mapping
Bagaimana Hasil Video Mapping Bisa Keren? 
Nah untuk melakukan pertunjukan spektakuler video maping, proyektor yang digunakan tidak boleh sembarangan. Jika Anda melakukan proyeksi dengan permukaan gedung-gedung tinggi atau pencakar langit, maka output proyektor yang dibutuhkan setidaknya 20.000 lumen atau lebih. Ini lebih besar dari proyektor di kantor atau sekolah-sekolah, yang memiliki output sebesar 2000-4000 lumen saja.
Pastinya sudah kebayang dong, betapa kuat dan besarnya proyektor video maping. Namun, jika Anda ingin melakukan pertunjukan proyeksi video 3D di indoor atau dalam gedung maka output proyektor yang dibutuhkan sebesar 2200 lumen atau lebih.
Penggunaan Video Mapping  
Projection Mapping pada dasarnya menggunakan proyeksi video sehari-hari yang biasa kita gunakan, hanya bedanya dalam pembuatan projection mapping, alih-alih memproyeksikan pada permukaan layar yang datar, cahaya dari projector bisa diarahkan ke permukaan apapun, mengubah obyek apapun yang berupa 3D menjadi tampilan interaktif. Pada dasarnya, projection mapping adalah “tampilan gambar pada permukaan yang tidak datar atau tidak putih.  Projection mapping memiliki banyak nama alternatif termasuk istilah akademis original “spatial augmented reality” dan “video mapping.” 
Projection mapping dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan, mulai dari iklan/advertisment, event, live concert, teater, game, komputasi, dekorasi, dan banyak lagi. Salah satu contoh penggunaan projection mapping untuk event adalah seperti pada project CNI yang pernah kami pernah ikut terlibat didalamnya. Cahaya dari projector diproyeksikan ke backstage yang gelap dan tidak rata untuk menampilkan video yang menjelaskan tentang CNI, ini bisa disebut juga sebagai projection mapping sebagai company profile. Selain untuk event dan sebagai media promosi saja, penggunaan projection mapping bisa juga dimanfaatkan untuk live performance.
Dengan memanfaatkan projection mapping untuk life perform, tentu hasilnya akan menjadi jauh..jauh lebih keren, tetapi tidaklah mudah untuk bisa melakukannya. Dibutuhkan latihan yang serius dalam menyesuaikan timing dengan video, dan posisi juga harus pas sehingga hasil live performnya tidak menjadi kacau. Tidak hanya pada permukaan seukuran backstage aja lho, projection mapping juga bisa diterapkan pada permukaan bangunan bertingkat dengan lebar dan tinggi puluhan meter lho. Tidak percaya? Cobalah lihat pada projection mapping dari coca cola zero. 
Yah, mungkin video di atas bisa juga disebut sebagai projection mapping untuk iklan/ads, menarik sekali. Cara coca cola tersebut dalam mempromosikan produknya tentu bisa di tiru oleh produk-produk lain bahkan di Indonesia. 
Tidak hanya sampai disitu saja, dengan usaha lebih lagi dalam pembuatan videonya, di tambah lagi dipadukan dengan 3D modelling yang luar biasa, projection mapping bisa menghasilkan ilusi mata yang jauh lebih dalam lagi. Bahkan bisa membuat permukaan bangunan seolah terlihat menjadi hidup.



Perlu Bantuan Jasa Pembuatan Video Mapping?  
Anda membutuhkan Jasa pembuatan Video Mapping Jakarta? kami Pratama Produk kembali hadir denganJasa pembuatan Video Mapping Jakarta. Khusus buat anda pengelola cafe di Indonesia, atau mungkin anda selaku Event Organizer (EO) yang biasa menangani konser musik, Event Besar Corporate tentu membutuhkan animasi 3d dengan sentuhan Video Mapping untuk ditampilkan di backdrop panggung.

Kami Pratama Product menjadi solusi yang tepat sebagai mitra anda dalam pembuatan Video Mapping yang akan sangat membantu pada setiap event-event anda. Kami Melayani video mapping projection dengan tipe video mapping sbb.

1. Standart video mapping projection

Video Mapping yang umum digunakan dalam pertunjukan video mapping pada umumnya. yaitu jenis animasi Video Mapping yang diputar dengan durasi tertentu.

Produksi Animasi (Kontent Mapping sesuai dengan konsep)

(Konten visual 70% Animasi 3D dan 30% Motion Grafish 2D)

2. VJ & STAGE DESIGN VIDEO MAPPING

Video Mapping yang bersifat intaraktif dan dicontrol oleh vj Visual Jokey. dengan media yang akan dimapping bebas ( bisa gedung atau custom background panggung ) dan termasuk memiliki fasilitas beat detection. selain berisi animasi/ footage video mapping umumnya, juga mampu mendeteksi sound sebagai acuan gerak gambar dalam animasi Video Mapping.
Dengan mengedepankan kualitas terbaik pada setiap produksi, ditambah oleh sentuhan-sentuhan estetik animasi 3D hasil karya team kreatif kami. Tentu anda tidak perlu ragu dengan dengan hasilnya.

Hubungi Kami :

Phone : (021) 826-11-823
WhatsApp : 0812 8433 1386 



Info lain mengenai video mapping bisa dilihat di sini atau di sini



Sumber : http://anitatri.web.ugm.ac.id/apa-itu-video-maping-dan-cara-kerja/ 
               https://fjb.kaskus.co.id/product/54df5d94620881f73e8b456c/jasa-video-mapping/





Comments

Popular posts from this blog

Matematika Diskrit (Logika Proposisi)

Wisata Purbalingga Kota Perwira (Part 2)

Perbedaan Atheisme dan Komunisme